Industri Geologi

Kenapa geologi seakan-akan hanya dijadikan komoditi sumberdaya awal saja? Sedangkan kebutuhan market industri hilir seperti rumah tangga hingga pasar yang global berkaitan dengan geologi, baik satuan item hingga campuran komoditi. Sedikit terkait dengam geologi?

Pada dasarnya rasa penasaran ini harus dibagi kedalam beberapa pembahasan utama, agar terlihat sampai dimana peranan geologi dalam industri saat ini. Jika dibagi dalam proses hulu hingga ke hilir dan bermuara pada konsumen, lebih bijak jika dilihat dari asas kemanfaatannya. Maka dapat dibagi berdasarkan bermanfaat langsung dan tidak langsung.

Proses Bermanfaat Langsung
Disini yang bermanfaat langsung tanpa proses yang melebihi 1 atau 2 kali adalah industri geologi wisata, geologi lingkungan, geohydro, dan mungkin geologi koperasi atau geo-umkm (membayangkan adanya peranan geologi secara langsung).


Secara realistis dapat kita rasakan bersama hasil atau dampak dari wisata dan lingkungan dari peranan geologi secara langsung, dan ini dinilai menambah devisa negara dan pelaku usahanya. Sedangkan geohydro masih dibutuhkan proses minimal 1 kali agar dapat dirasakan oleh konsumen, yaitu proses pencarian dan produksinya.

Hal yang menarik adalah geologi koperasi, dengan adanya kerjasama dengan badan geologi nasional maka nilai komoditas  dapat terbantu secara ekonomis. Peningkatan eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya migas dan non-migas di Nusantara akan terbantu dalam sekala mikro dan menengah, serta memberikan masyarakat kesempatan untuk lapangan kerja dan usaha (pernah saya bahas sebelumnya).

Proses Bermanfaat Tidak Langsung
Disini peranan geologi berkisar 40-50% saja, dan kecendrungannya ada di sektor hulu. Sayang sekali proses ini tidak diketahui oleh umum karena sifatnya produktif dan termasuk rahasia perusahaan.

Kegiatan yang dimulai dengan kemungkinan prospek geologi lama maupun terbarukan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan apakah layak diselidiki atau tidak, selanjutnya proses legalitas.

Proses eksplorasi dan eksploitasi membutuhkan peran geologist sangat besar, agar tercapainya pemasukan yang ekonomis dan efektif bagi perusahaan. Setelah itu peranan teknisi ahli akan melakukan proses dan penjualan oleh tim sales yang membuka jalur pasarnya.

Hubungan Peranan Geologi
Dalam hal diatas bukan sekedar menilai apakah geologi memainkan peranan yang cukup besar, tetapi apakah peranan kelanjutan yang bisa  diberikan dan kemanfaatannya hingga pasar yang ada.


Artinya, aktifitas geologi sebaiknya betul-betul dapat mengembangkan pasar berdasarkan keahlian eksakta maupun aplikasi terhadap masyarakat. Geologi yang membutuhkan masyarakat sebagai pelaku usaha dan konsumen maupun sebaliknya.

Jika tidak, maka sangat disayangkan apabila kita (saya dan anda) sebagai geologist hanya berperan dalam koorperatif dan tidak pernah bersentuhan langsung dengan geliat usaha, dan tidak mampu meningkatkan faktor ekonomi dari bawah.

Komentar