Cashflow Quadrant vs Rock Quadrant (in Bahasa)

Cashflow Quadrant
Robert T. Kayosaki banyak yang kenal, banyak juga yang tidak tahu siapa orang ini. Apa yang membuat nama ini muncul dalam tulisan kali ini? Robert -bisa disebut seperti itu- merupakan orang yang membukukan pemahaman tentang kuadran manusia dalam gerakan pemasukan dan pengeluaran seseorang. Dimana posisi yang satkesempatanrja untuk uang, sedangkan yang satu sisi lagi uang yang bekerja untuk dia.

Entah berapa banyak orang yang terinspirasi dengan uraian Robert, dan entah berapa motivator yang menyadur pemahamannya setiap memberikan seminar ataupun konsultasi usaha. berikut ringkasan sederhana mengenai pemahaman Cashfloe Quadrant - Robert T. Kiyosaki, 2001.

The Cashflow Quadrant-Robert T. Kiyosaki, 2001

Ada 4 elemen dalam penjabaran, yaitu E - Employe, kemudian S - Self Employe, setelah itu B - Business Owner dan terakhir I - Investor.
E,adalah karyawan, yang mempunyai kestabilan pemasukan dan ke"labilan" pengeluaran, fasilitas perusahaan dan jaminan sosial. Disini kenyamanan adalah kata kunci, karir adalah keuletan, dan pensiun atau pemecatan adalah resiko.
S, adalah pekerja sendiri untuk sendiri, dan oleh sendiri. Disini banyak diisi oleh konsultan, pemilik usaha yang ditangani sendiri. Kestabilannya adalah gerak pemasukan dan pengeluaran ditentukan dan dianalisa oleh orang tersebut saja, kata kuncinya adalah manajemen waktu, keuangan, dan administrasinya, sedangkan resiko adalah waktu yang fleksibel ataupun tidak ada waktu.
B, disini pemilik usaha mempercayakan kepada karyawan yang digaji dan kompeten. Baik itu jenis usaha jasa maupun barang, kekuatannya adalah sokongan dari E dan S. Kestabilan yang dimiliki oleh B adalah waktu, inovasi, manajemen, keuangan dan kesabaran. Resiko adalah manajemen yang diperhatikan bersama agar mencapai target pemasukan dengan pengeluaran yang minim.
I, adalah investor yang sangat peduli akan uang yang mereka putar, tetapi mereka yang tidak mau terjun di usaha yang mereka investasikan. Kata kuncinya adalah uang yang berkerja untuk mereka, dan resiko adalah hobi yang terus menerus dikelola agar semakin mahir.

Rock Quadrant
Tidak ada rumusan pasti, akan tetapi banyak penulis ilmiah menjabarkan kedalam 4 tahapan batuan. Dari tahapan tersebut dikelola oleh waktu dan dinamika, hingga akhir zaman.

Rock Cycle, Based on Who? (Lupa Siapa yang Klasifikasi)

Dari mana pengelompokan ilmiahnya? (Kalau mau tahu dapat ditanyakan di @rully_rockgeology). Perubahan batuan disini merupakan siklus alami yang sudah sewajibnya terjadi, ketika datang magma dari perut bumi pada saat itu kecendrungan pendinginan terjadi, kemudian permukaan menempa batu menjadi butiran, dan membatu kembali, Pada kesempatan lain batu terubah menjadi kimiawi berbeda dari asalnya, merubah bentuk fisiknya dan mejadi relatif lebih keras dibanding asalnya.

Ketika semua batuan berputar menuju penunjaman pada perut bumi, akan kembali dan bercampur dengan magma dan menjadi satu bagian yang sama.

Apa Maksudnya?
Robert menyatakan bahwa kebebasan finansial terletak pada siklus aktif berarah panah menuju I (investor) dengan menghasilkan pendapatan pasif.

Sedangkan yang diajarkan oleh Allah SWT melalui alam adalah asal manusia dari tanah yang kemudian mengalami siklus perubahan yang signifikan. Apabila menjadi beku (E) -solid, klasik, kuno- kemudian melapuk dan terbentuk menjadi batu sedimen maka perjalanan yang lambat seperti layaknya S oleh Robert. Apabila kemudian menjadi metamorf (B atau I) maka perjalanan gerak hidupnya menjadi lebih tahan banting, kokoh, dan jauh lebih nyaman, dimana metamorf merupakan batuan yang sedikit sebarannya dibandingkan yang lain.

Perhatikan dinamika prosesnya, disitu akan lebih terlihat bahwa, penempaan alam terhadap masing-masing pembentukan akan sangat menentukan dan memposisikan diri terhadap dinimika pembatuan, dengan kata lain baik kondisi dan diri pribadi membuat kita ada diposisi mana. Seberapa daya tahan kita (khususnya saya) mengalami perubahan dan tekana untuk menjadi lebih solid, dan berharap serta berupaya menjadi metamorf.

Hal yang tidak disebutkan oleh Robert adalah, kembalinya kita dan melebur menjadi satu dengan tanah lagi. Seperti semua unsur pada masing-masing batuan menjadi magma kembali.

Ada yang hilang dari tulisan ini atau pembahasanya gak masuk akal? Tweet ke @rully_rockgeology

Komentar