Sangihe Nun Jauh Disana

Pulau ini salah satu yang terindah dan eksotis, dengan dua gunungapi yang satu produktif dan satu lagi tertidur (dormatin). Dengan ibukota kabupaten Tahuna, didominintuk si oleh agama Kristen dan sebegian Islam dan Kong Hu Chu. Jalur transportasi yang hanya bisa dicapai oleh kapal laut cepat (3jam) maupun lambat (7-9 jam) dari Manado, dengan pelabuhan Tahuna yang berbentuk semenanjung ini berhamparan pasir-kerakal hitam (produk volkanik terbaru). Sedangkan jalur udara dari Manado dapat tiba kurang lebih 1 jam dengan pesawat..., dan berkendara  kurang dari 1 jam menuju Kota Tahuna.

Pelabuhan Tahuna

Ada Apa Disana?
Secara garis besar, P. Sangihe terkenal akan wisata lautnya, menu laut (serupa dengan Manado), dan gunungapi yang terletak di utara dan selatan pulau. Jika datang untuk kunjungan wisata, maka sarana dan pra sarana di pulau ini bisa dibilang cukup walau tidak terlalu menjual paket yang menarik.

Tatanan geologi pada sumberdaya ekonomis, Sangihe (lokal : Sangir) mempunyai satu mineral emas-tembaga  yang masih perlu di teliti lebih jauh. Penduduk lokal sendiri sudah melakukan tambang rakyat semenjak tahun 1970-an hingga saat ini, dengan menggunakan metode pengikisan dinding sungai dan pembuatan lubang-lubang vertikal - horisontal.

Geologi  dan Wisata
Geologi pada P. Sangihe bisa dikatakan sangatlah menarik, untuk pulau yang bisa dikelilingi dengan kendaraan roda empat selama kurang lebih 2-4 jam (tergantung penumpang), mempunyai tatanan tektonik secara umum didominasi oleh tekanan dari dua arah, yaitu barat dan timur.

Tektonik P. Sangihe, Rully2012

Ketenaran subduksi dan obduksi pada zona ini bagi geologist tentunya mendukung kegiatan eksplorasi, baik mineral maupun migas. 

Volkaniknya bisa dilihat secara sangat menarik, perubahan pH pada pulau ini mempengaruhi pembentukan pulau. Dibagian selatan terbentuk terlebih dahulu gunungapi yang kini sedang tertidur (kecapean), relatif berkomposisi intermediet-asam. Sedangkan dibagian utaranya yang masih aktif terus menerus relatif asam.

Kaldera Gunungapi Awu. Rully2012

Wisata
Gunungapi di pulau Sangir tentunya sudsh terkenal di beberapa kalangan, sedangkan wisata lautnya belum bisa mengalahkan nuansa Bunaken, hal ini dikarenakan faktor transportasi. 

Walaupun berharap bisa seperti pulau Lombok yang spesial bagi pulau disebelahnya yaitu Bali, Sangir masih membutuhkan lebih dari spesial agar wisatawan mau berkunjung kesana dengan transportasi dan akomodasi yag betul-betul memadai bagi wisatawan mancanegara dan khususnya lokal.

Wisata  laut pada pulau Sangir mempunyai ciri khas yang bagus, pantai putih membentang panjang dengan dinding sedimen dibagian timur dan pantai hitam dibagian barat. Keduanya menawarkan sunrise dan sunset secara terus menerus, dengan biaya murah dan hanya butuh kendaraan, maka anda akan mendapatkan matahari timbul da tenggelam pada 1 lokasi saja.

Pantai Salurang Selatan. Seseorang2012

Nusantara terkenal akan keindahan alamnya, pergunungan, hutan, pantai, lautnya yang kaya akan tumbuhan dan hewan dari dua benua.

Masih dibutuhkan perhatian khusus untuk berkembang, baik dari sektor wisata maupun ekonomi berupa tambang yang proposional, yaitu keuntunhan nyata bagi penambang dan penduduk.

Pertanyaanya adalah, kapan terakhir anda berkunjung ke wilayah Indonesia yang eksotis lainnya?

Komentar