(RockGeo) Energi (Nusantara) Terbarukan

Alhamdulillah sudah memasuki pertengahan tahun 2014, dimana banyak point yang menjadi catatan pribadi atas proses maupun hasil yang sedang maupun sudah berjalan. Pada kegiatan tersebut banyaknya energi yang sudah dikeluarkan bisa menghasilkan manfaat positif maupun negatif.

Sayangnya dahulu tidak mengenal, maupun diajarkan mengenalkan bagaimana memproses energi terhadap waktu dalam satu manajemen utuh agar mempunyai bentuk yang bisa dimanfaatkan kembali hasilnya. Walaupun apa yang sudah dikerjakan sebelumnya masih terasa manfaatnya dan bisa digunakan sebagai energi baru.

Maksud saya adalah energi terbarukan atas hasil dari proses yang dahulu dikerjakan, hal ini jika melihat artinya dari sudut pandang berbeda. Energi tersebut bisa saja pertemanan yang baik dan manfaat, pekerjaan dengan hasil memuaskan, belajar usaha atau berdagang baik kecil atau besar.

Hal-hal tersebut diatas rasanya dapat menjadi energi yang sangat besar dikala digunakan lagi sekarang untuk "mencas" projek baru masa kini. Akan tetapi berarti menyesali apa yang sudah diperbuat dahulu tidak dalam perhitungan yang matang, apa yang sudah dikerjakan insyaAllah akan bisa dimanfaatkan kembali bukan.

Cara mendaur ulang energi ini saya ambil dari salah satu buku manajemen waktu, yaitu mengevaluasi diri dari lahir hingga sekarang, serta strategi waktu jangka panjang dan jangka pendek. Setelah diuraikan saya belumlah apa-apa, bahkan manfaat bagi masyarakatpun rasanya belum, energi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang manfaat.

Tapi saya tidak berkecil hati, energi yang sudah terkumpul kecil itu saya yakin bisa dimanfaatkan untuk saya sendiri, keluarga, lingkungan, dan masyarakat nantinya (proses). Berikutnya hasil-hasil yang akan datang energinya sudah terbarukan dengan baik dan terjaga bukan? (dalam hati: insyaAllah).

Semoga RockGeo Energi Nusantara memiliki energi penuh dan mampu menghasilkan energi terbarukan berikutnya. Amin

Komentar