Kami Geologi Indonesia

"For The Best You Can Say!!!" Jerit Jomlo, "GEOLOGI!!!!" dijawab ratusan geologist dengan suara lantang dan seragam. Jomlo senyum-senyum tetapi lebih menyerupai nyengir, cengiran yang akan dia banggakan selama masih hidup karena semangat geologi yang sama disemua rekan-rekan yang hadir dilokasi. Dengan berkumpulnya teman-teman berseragam jaket kuning yang berbeda generasi, rasanya membuat semangat meluap tinggi diliputi keindahan pantai dilaut selatan. Selamat Datang Geologist!

Sukabumi - Pelabuhan Ratu - Cimaja, dikontrol secara geologi oleh produk volkanik. Dominan dipermukaan yang terekam adalah breksi dan lava andesit. Sedangkan kontrol struktur dari tektonik subduksi aktif penunjaman lempeng samudra relatif barat-timur, dengan busur muka benua membentang dengan arah yang sama. Magmatik yang terlihat adanya perubahan siklus dari intermediet menuju asam, dan dimungkinkan aktifitas hidrotermal dan geotermal.

Kontrol Tatanan Geologi Cimaja - Pel. Ratu - Sukabumi, Jawa Barat. rully2014
Pada area kegiatan didominasi oleh batuan berupa breksi polimiks yang sudah lapuk, dengan zona singkapan pada cerukan sungai berdebit air sekitar 1 lt/menit (panas) dan berdimensi 5 meter pada dasar sungai dan 1.5 meter ketinggiannya. 

Breksi polimiks tersebut tersusun atas fragmen andesit feldspar, andesit kuarsa, andesit silisifikasi dari kisaran 10 - 30%. Dengan matriks pasir dan lempung, tidak kompak. Beberapa fragmen terubah akibat proses silisifikasi dan sebagian teroksidasi. Struktur kekar menunujukan dua dominan kontrol relatif yaitu N 180 E/80 dan N 220 E/80, sebagian mengisi dengan oksida besi direkahan.

Berdasarkan data diperkirakan bahwa siklus volkanik terjadinya leleran lava andesit feldspar kemudian disusul oleh lava andesit kuarsa, sedangkan andesit yang terubah sebagian oleh silisifikasi terjadi pada kontrol struktur semata. Pada proses terakhir terjadinya breksi polimiks, dengan kontrol struktur terakhir yang membuka aliran air pada rekahan dan terubahnya matriks menjadi argilik (temp rendah) berupa smektit dan rekahan terisi oksidasi.

Melepas Penat
Tujuan utama dari kegiatan ini bagi saya pribadi tentulah melepaskan kejenuhan bekerja, dengan meluangkan waktu dan tenaga untuk aktif dalam acara. Utamanya terlibat dalam evaluasi dan kontrol dari pihak penyelenggara, karena itu saja yang diperlukan dan sebaiknya dilakukan agar tidak menambah beban kerja bagi mereka. Terlihat beberapa kekurangan akan tetapi bukanlah permasalahan yang besar mengingat kegiatan berjalan cukup lancar tanpa kendala yang sangat berarti dan kondisi yang tidak diinginkan.

Sungguh berbaik hatinya jurusan untuk memberikan kejutan berupa ikan laut, udang dan cumi yang dibelikan pada hari ke dua. Tentunya sudah terbayang pada saat itu ikan bakar dengan bumbu kecap ditambah sate udang dan cumi bakar yang pastinya melimpah. Kegiatan bakar hidangan laut dan makan-makan bersama tersebut tentu menjadi kebersamaan dan keakraban yang sulit dilupakan setelah hujan penuh dari sore jam 5 hingga jam 8 malam,.

Setelah kegiatan malam yang melelahkan peserta dan panitia melakukan long march dari base camp menuju finish point, tepatnya pantai didaerah Cimaja atau muara sungai Cimaja. Kami semua disambut dengan ramah oleh deburan ombak dan pasir pantai hasil aktifitas volkanik.


Kembali Ke Jakarta
Setelah kegiatan penutupan dan penerimaan jaket kuning bagi anggota himpunan baru, yang dipenuhi haru biru peserta dan panitia kami semua bersiap untuk kembali dan melanjutkan kegiatan harian kami masing-masing.

Sedikit cerita dimana setelah kelelahan tersebut, mobil yang saya tumpangi mendapatkan kesempatannya untuk “ngambek” dan unjuk gigi. Seakan-akan mengatakan bagi pengendaranya -Sangka- tidak memperhatikan lebih jauh mengenai kondisi mobil, dan hampir menyebabkan kecelakaan yang beresiko. Alhamdulillah kami masih diberikan perlindungan Allah SWT sehingga menjadi pelajaran bagi kami masing-masing. Seakan-akan menjadi masalah besar, pengendara-pun dengan senang hati memberikan balas jasa atas bantuan yang diberikan kepada rekan-rekan yang sudah membantu dengan bersantap malam yang luar biasa enak. -makasih ya Sang ditrakir-

Setelahnya
Bagi saya, kegiatan ini yang tidak semuanya dituliskan dalam blog selalu bernilai, dan sebaiknya patut untuk dikenang sebagai kegiatan yang berkesan. Dimana bertemunya lintas generasi geologi trisakti, berbincang dan diskusi yang disertai candaan menyegarkan. Membuka peluang dan ide untuk sesuatu yang baru, semuanya dinilai sangat bermanfaat. Membantu dan mendorong generasi berikutnya, serta sama-sama belajar yang dilihat dari kondisi dan posisi masing-masing. Sungguh pengalaman dan perasaan yang menyegarkan, yang mungkin tidak dapat saya rasakan kembali tahun-tahun berikutnya dikarenakan waktu dan kesempatan.

Energi baru dan perubahan yang didapat, saya bawa kembali kedepan komputer ini dan disampaikan kedalam blog. Pada dasarnya harapan untuk HMTG, Jurusan, rekan-rekan geologist semuanya dikembalikan serta dikembangkan oleh masing-masing dan dibawa untuk perubahan masing-masing pula.

Terima kasih yang mendalam untuk penerimaan panitia atas kesempatan dan kesabaran kalian menghadapi evaluasi malam yang berat. Kepada Dafi06 (ngaku-ngaku 2006), Tomo02, Bona06, Kinanti-Meita-Rika-dan Cowok2 2006 sudah memberikan makan malam “maknyos”, Black06 yang sedia berdiskusi, Sangka08 yang berbaik hati disemua lini, Jo08 atas diskusi dan belajar CBM, Kahim, PO dan jajaran, teman-teman yang berbaik hati membantu dilapangan.

Tidak lupa kepada jurusan khususnya mbak Dewi dan mas Budi, Dodo n friend, mas Apri makasih bakarannya “maknyos”, bagi semua rekan-rekan yang tidak bisa disebut satu persatu. Semoga kebaikan hati dan bantuannya dibalas oleh Allah SWT.

Selamat dan sukses atas acaranya, serta selamat datang geologist 2013!

Kemarin itu istirahat yang luar biasa, sekarang kembali kepola kerja yang luar biasa. Jomlo tertidur sukses, rasanya sebagai panitia sukses membawa kegiatan dan terutama peserta dalam kondisi sehat wal afiat merupakan kebahagiaan yang mendalam. Tidurnya nyenyak sekali, semoga senyenyak kuliahnya dikampus :D

Komentar