Jalan-Jalan Keliling Indonesia Yuk!

Sama dengan kawan-kawan lainnya, saya juga senang melakukan kegiatan jalan-jalan, fotografi, jika ada kelebihan dana melakukan penyelaman bawah laut, makan enak, berbincang dengan warga lokal mengenai budaya dan perkembangan usaha dimasing-masing daerah, dan tentu saja jika tertarik untuk membeli sekedar suvenir. Sama bukan, apalagi jika jalan-jalan dengan low budget atau berkaitan dengan dinas kerja. Apalagi yang harus dilewatkan jika semua itu bisa dilakukan dalam satu kali, semuanya bisa didapatkan dan menyehatkan kejiwaan dan membakar semangat baru ketika kembali lagi kerutinitas pekerjaan. Ayo manfaatkan peluang liburan sambil menikmati hal yang menyenangkan diberbagai kota.

Promosi sebelum mulai tulisan :)

Kemarin saya sempat menikmatinya dalam rangka pekerjaan projek quarry di Indonesia, hanya saja projek ini difokuskan ke pulau Jawa. Alasannya sederhana saja, karena pulau Jawa memiliki ringkasan dana yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pulau lain selain pulau Jawa. Hal ini berdasarkan perhitungan jangka pendek dan jangka panjang, serta target marketnya yang lebih besar dan market keluar yang tentunya juga masih terjangkau. Quarry yang saya kerjakan dengan rekan-rekan adalah batuan volkanik, batuan karbonat, serta mineral non-logam atau batuan/mineral indsutri dengan peluang yang marketnya selalu dibutuhkan oleh industri atau oleh perorangan.

Perkebunan teh Puncak-Cipanas, Bogor, Jabar

Kebutuhan ini sudah banyak didata dan dianalisa oleh beberapa perusahaan, dengan hasil pengolahannya batuan ini menjadi komponen utama dalam pasar dengan penurunan proses menjadi beberapa produk yang bermanfaat. Seperti contoh batuan gamping dengan masing-masing kualitas CaO-nya. Kebutuhan akan sumberdaya alam ini ketika diproses bisa digunakan untuk kertas, plastik, gula, penyeimbang bahan bakar di tohor skala industri mikro hingga smelter berskala besar, pupuk, pewarna dan seterusnya. Dimana jika kamu lihat di internet maupun tulisan.paper berskala internasional dari satu batuan diproses menjadi kebutuhan berskala besar dan nilainya atau disebut sebagai manfaatnya yang konstan atau terus naik.

Waduk Cirata, Cianjur, Jawa Barat

Atau bicara tentang tanah yang liat dan gembur, dimana tanah tersebut terubah dari batuan piroklastik-volkanik dengan proses jutaan tahun dan bantuan pemanasan bawah permukaan. Batuan itu kemudian berubah menjadi alterasi lempung yang kaya akan mineral sodium-calcium-aluminium-silicate grup,Ini cara membacanya saja sudah bikin lidah lelah dan butuh piknik. Ubahannya dari mineral montmorrilonite, yang disebut secara umum bentonit. Ketika dibagi berdasarkan kandungan utamanya yaitu hydrated sodium dan calcium (Na – Ca), Pembagian dua mineral ini memiliki penciri dan pemanfaatannya tersendiri juga, bisa dibaca dari tulisan sebelumnya.

Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Sedangkan kebutuhan umum yang dipakai oleh pembangunan yaitu agregat, terdiri atas batuan, bolder, atau pecahan volkanik. Batuan ini yang ketika diproses menjadi berbagai ukuran kemudian dipergunakan untuk bagunan baik pecahannya itu sendiri maupun dalam pencampuran. Lalu bagaimana pengembangannya? STOP! Kok ngomong geologinya kebanyakan ya? Saya harusnya bicara tentang jalan-jalan, bukan bicara tentang komoditi industri dan geologi?

Masjid Agung Demak, Jawa Tengah

Cukup mengenai hal diatas. Mengenai paket jalan-jalan dalam dinas, hal yang paling umum dan sering dilakukan oleh setiap orang adalah fotografi. Tidak ada amatir atau profesional dalam hal ini, juga tidak ada hubungannya hasil foto yang bagus atau buruk, yang ada hanya foto saja. Baik itu foto selfi maupun foto landscape. Orang-orang yang suka dirinya terlibat dalam foto pemandangan atau orang yang sukanya foto landscape (kadang beserta orang lain yang ikut terfoto). Saya tipe kedua, mengingat tampilan pribadi yang tidak fotogenik dan tidak punya bakat model. Perjalanan keliling jawa yang sempat tertuang dalam blog mengenai komoditinya, serta geologinya seperti di Palu, Sulawesi Tengah.

Waduk Selorejo, Malang, Jawa Timur

Menikmati pemandangan dan perbincangan dengan orang lokal, baik itu mengenai sinergi didaerahnya. Maupun kearifan dan budaya yang begitu ditonjolkan dari masing-masing perbincangan, hal ini bergantung dari kesukaan topik yang sedang disampaikan. Selalu dalam setiap perjalanan terutama dalam pekerjaan geologi-tambang, kesempatan untuk menyimpan memori baik dalam ingatan, foto, maupun tulisan selalu saya lakukan. Agar kelak ini bisa menjadi kenangan hingga anak-cucu atau bahkan menjadi geliat perorang yang menikmati setiap tulisan saya yang masih diperlukan banyak latihan dan perbaikan ini. Setiap manusia memiliki kekhilafan dan pembelajarannya sendiri bukan, dan semoga dari hal tersebut menjadi bekal perbaikannya kedepan.

Kenapa tiba-tiba muncul Palu-Sulteng? Engga apa-apa, berhubung fotonya bagus dihari yang cerah :D

Sedikit-sedikit dari masing-masing perjalanan di tanah Jawa akan saya tuangkan, walaupun masih ada pe-er tulisan-tulisan sebelumnya, semoga bisa dicicil dan lunas selagi masih ada kesempatan. Dikarenakan hari ini adalah hari senin, saya mengucapkan Happy Week End teman-teman.


nge-teh dulu ala mbok-pakde :)

Komentar