Menunggangi Semut Bersama

Banyak! Satu target dengan pekerjaan yang berurutan dan bejibun! Metode analisanya selalu sama, membuat peta, tabel koreksi dan relasi kontrol, grafik, statistik korelasi litologi terhadap hasil analisa geokimia, peta pengambilan data lapangan, peta geologi, peta alterasi-mineralisasi, peta geokimia, peta korelasi, peta analisa, peta rekomendasi pekerjaan dan bor, dan seterusnya. Ini tantangan dan pengetahuan, yang selalu menunjukan bahwa kami masih sangat perlu untuk belajar dengan membaca dan bertanya. Hal yang sangat membebankan tentunya!


Tim Rockgeo sudah melakukan beberapa pekerjaan yang baru, terutama ditemui setelah mencoba bertualang didalam dunia usaha. Baik pekerjaan yang masih berkaitan erat dengan dunia eksplorasi-tambang, hingga yang tidak terlalu berhubungan dengan pengetahuan kami selama ini. Bahkan kami harus belajar administrasi-akutansi, serta harus belajar cara negosiasi ala kadarnya. Tentu saja belajar juga dalam keuangan dan managemen agar tidak terjerumus kesalahan kelola usaha dan hutang.

Rencana usaha diluar geologi yang pernah kami tinjau terlebih dahulu adalah mengenai energi, kebutuhan energi yang sangat besar di negara ini menjadikan kami tertarik untuk survei terlebih dahulu. Biosolar sangat menggoda setelah kami lihat prospek cerahnya dengan produksi dari limbah, dengan proses pengolahan yang relatif disebut mudah dan murah. Tetapi semua jenis usaha apapun itu selalu mempunyai kendala, dan kendala utama dalam energi daur ulang ini adalah bahan baku, yang sangat sulit untuk didapatkan. Kami pun menahan diri dengan tetap menggali informasi.

Limbah menjadi kebutuhan hemat energi dan menyayangi lingkungan.
Berikutnya kami pun kembali ke ranah geologi dengan melakukan service projek tambang berupa citra satelit untuk tambang batubara. Dengan bantuan yang kami dapatkan tentu saja hal tersebut diusahakan sebaik-baiknya dalam memberikan hasil yang baik. Ternyata hasil yang didapat berbuah manis, dengan proses membeli citra satelit dari perusahaan yang dipercaya, prosesing penginderaan jarak jauh. Hasilnya pun sesuai dan berjalan baik, walaupun kami mempunyai kekurangan. Dengan kurangnya tim di jakarta, proses administrasi berjalan seadanya. Kami belajar dan memperbaikinya, sehingga klaim pun terhindar.

Kegiatan eksplorasi tentu saja bagian yang kami sukai, selain mempelajari hal-hal baru dalam geologi apapun jenis komoditinya, juga selalu mendapatkan pengalaman dalam kearifan lokal dan budaya yang kami terima. Perkawanan yang baru dan kebaikan yang sangat terasa menyenangkan serta hangat.

Eksplorasi terakhir adalah pemetaan komoditi emas di daerah Kalbar. Pekerjaannya cukup komperehensif dengam dilakukan analisa geokimia 32 unsur, sayatan dan poles petrografi-mineralografi. Serta pekerjaan geomagnet sebagai perkiraan awal potensi area. Jelas kami berupaya agar hasil analisa saling mendukung, tentu saja kami berharap bisa melanjutkan kedalam eksplorasi detail dengan pengeboran. Sehingga analisa-analisa yang banyak dan sangat membebankan itu bisa kami rangkul dengan kearifan dan kehangatan budaya lokal. Menjadi lenyapnya kelelahan dan proses belajar yang sudah kami lakukan. Tetapi hasil akhirlah yang menentukan apakah projek tersebut prospeknya bernilai atau tidak.

Yes Rockgeo are explrorer, are you?

Pekerjaan yang masih menggantung bagi kami tentu saja harapan untuk melakukan penambangan, hanya saja penambangan ini untuk komoditi mineral industri. Ketertarikan kami atas hal itu didasarkan potensinya yang lebih besar dan berkelanjutan dibandingkan tambang emas sekalipun (menurut kami). Yaitu quarry dengan komoditi andesit dan tentu saja impian kami yaitu batugamping. Dengan bekal pengetahuan yang terus kami pelajari dari mana saja, disadari sesadar-sadarnya bahwa batugamping merupakan komoditi industri yang paling besar kebutuhan dan aplikasinya. Ahhh..seandainya ada investor mau sekedar bercakap-cakap dan mungkin menyukainya sama seperti kami, tentu kami rela membebankan ilmu pengetahuan dan banyaknya pembelajaran agar tercapainya nilai positif bagi semua pihak.

Stokpile dan Pelabuhan untuk produk gamping berbagai ukuran
Ya, Rockgeo sudah melewati masa 1 tahunnya. Alhamdulillah puji syukur kami hingga saat ini sudah belajar dengan selalu banyaknya kesalahan dan kurang pengetahuan. Tapi kami yakin itu disebut sebagai pengalaman agar Rockgeo semakin matang didalam dan harum diluarnya. Di tahun 2016 ini keinginan kami sederhana saja, yaitu lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Caranya melalui perbaikan kinerja kami dari semua lini, disertai mengembangkan komunikasi dan sistem administrasi-akutansi. Kami tidak akan pernah bisa berkembang tanpa dasar hal tersebut.


Sedangkan dari kegiatan pendukung eksplorasi sendiri, kami meyakini sudah cukup solid dalam kegiatan pendukung pemetaan. Pendukung itu seperti kegiatan pemetaan, geofisika, pengeboran dan pelaporan hasil eksplorasi, dan ditambah tahun ini dengan perhitungan sumberdaya dan cadangan. 

Hanya saja kami tidak ingin berlari seperti kuda, melesat mengejar tujuan. Kami berupaya beriringan bersama seperti semut beriringan melewati tahun-tahun yang mudah maupun berat.

Sayang sekali rencana tulisan #100 diakhir tahun 2015 dalam blog ini tidak tercapai dikarenakan kendala dan beban belajar yang kami hadapi. Tetapi tulisan tetaplah tulisan hingga dibaca dan bermanfaat bagi sebagian orang, baik itu manfaatnya banyak atau tidak ada manfaatnya sama sekali bagi pembacanya.

Projek lanjutan Rockgeo 2016

- - - - - * - - - - -

Rockgeo juga berbelasungkawa dan berdoa bagi almarhum serta keluarganya. Semoga almarhum dimudahkan di alam kubur dan waktu penghisaban, serta diberikan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan.
- Muhammad Rahadian "utu" '99 -
Terima kasih atas pembelajarannya.


#Tulisan ke 99

Komentar