Kecil Nan Rawit

Mana-mana rul? Gak keliatan?? Emang ada??? Ngarang aja, sok tau!? Itu ungkapan beberapa kali ketika saya sebutkan ada sesuatu yang kecil tapi sangat menarik dan mampu menceritakan banyak hal, terutama hal-hal besar. Ohhh itu toh, ah yang ini ya!? Tadi dah gw liat, tapi diem aja, dst-nya setelah disebutkan dimana dan apa itu. Tidak jadi deh ngarang dan sok tau-nya lg, berkawan kembali setelahnya.

Saya percaya hal kecil dan sepele apapun yang berkaitan mengenai tatanan geologi, merupakan salah satu cerita yang tidak kalah penting dengan cadangan terukur atau teruji. Mengapa begitu? Karena hal kecil tersebut akan membantu menjelaskan perihal apa penyebabnya dan bagaimana bisa membantu kedepannya.

Mikrostruktur, kecil ataupun disebut mikro ini kadang diabaikan karena jarang dikaitkan dengan objek sumberdaya. Beberapa hal penyebabnya adalah faktor personal maupun lingkungan, akan tetapi faktor personal adalah penyebab pertama.

Saya yakin dalam sumberdaya migas, mikrostruktur sangat diperhatikan walau bukan yang utama. Begitu pula dengan batubara dan logam, yang tidak terlalu dianggap berperan.

Berandai-andai saja dalam satu ruang eksplorasi mineral khususnya emas, disitu membicarakan mikrostruktur yang hampir tidak terlihat mata (memang seharusnya). Terjadi diskusi tajam hingga kadang menjurus kepada debat  dan candaan, bisa diperkirakan bagaimana serunya diskusi tersebut sehingga dapat menghasilkan aplikasi pada target sumberdaya baru. Ambil contoh kasus pada daerah tunjaman dengan kehadiran ofiolit (metamorfik) yang bersinggungan dengan volkanik.

Anak Buah 1 (AB1): Pak, jadi ini yang disebut mikrostruktur?  *masih sopan
Bapak Buah (Bos):  Iya, ini keliatan mikrofold dan mikrofaultnya pada green schicst-nya, nah yang ini keliatan mikrofracture. *masih wibawa
AB1: O iya ya pak, begitu ya!? *mulai sok tau
AB2: Itu bagaimana hubungannya pak? Terus apa bersamaan gitu pak? *ikut nimbrung, nyari break dadakan
AB1: Yang bawa mineralisasi, yang mana pak? *nanya atau nyari masalah!?
Bos: Pertanyaannya menarik *jawaban umum
Jeda...tarik nafas 3x buang 1x
Tiba-tiba nongol OB...
OB: Alhamdulillah hubungannya bae-bae aje tuh...(dilogatin jakarta, biar gaul) Dah pada pulang sana, mau saya pelin nih..dah malem *OBnya berniat pulang cepat
Bos: Okey, lanjut nanti ya, AB1 lo besok kelapangan ya sebulan..trus AB2 besok temenin AB1
AB1 & AB2: hahhhh!?!?

Begitu dahsyatnya jika terjadi diskusi yang mendukung tim untuk berintepretasi dan analisa berdasarkan data dan hasil lab, tentunya sumberdaya baru akan menjadi tantangan yang selalu menarik. Serta mempertahankan pekerjaan dan kelangsungan hidup perusahaan dan seluruh karyawan.

Bagaimana diperusahaan anda?

Komentar