Bumi dan Jutaan Pertanyaan Pembentukannya?

Sudah  sekitar 20 tahun penjabaran mengenai teori tektonik lempeng oleh pakar-pakar ternama seperti Alfred Wegener, 1912 (The Origin of Continents and Oceans, 1915), dikembangkan lebih lanjut oleh geolog Inggris Arthur Holmes pada tahun 1920. Hughes Patrick

Alfred Wegener betul-betul berani mengeluarkan pendapatnya dalam tulisan dan disampaikan melalui Charles Darwin pada lembaga penelitian inggris terbesar pada saat itu. Sehingga tulisan mengenai tektonik berkembang hingga saat ini dan menjadi bacaan yang menarik, karena...ini mengenai bumi yang bergerak dan gelisah setiap waktu.

Geologi, Kitab dan Al Quran
Dibutuhkan banyak sekali hubungan analisa dari bidang keilmuan, seperti geologi, biologi, fisika, dan lainnya. Dari pertanyaan lempeng saja bisa berurutan pertanyaan seperti: pulau pertama yang terbentuk apa? Subduksi atau Obduksi mana dan dimana yang pertama terbentuk, gunungapi apa yang terbentuk pertama kali? laut apa yang pertama terbentuk? Dimana air terbentuk pertama kali? Sedimen dimana yang pertama kali terjadi? metamorfik terbentuk dimana pertama kali? Hingga ribuan atau berjuta-juta pertanyaan yang selalu menjadi perhatian saya.

Pada saat ini saya hanya mengeluarkan pendapat awal mengenai beberapa jenis tulisan yang akan berkembang dari pertanyaan-pertanyaan awal. Tidak mengharapkan mendapat jawaban jelas dan pasti bagaimana Bumi ini digerakan, walaupun dalam Al Kitab dan Al Quran sudah disampaikan urutan dan perkejadiannya. Saya memilih untuk berhati-hati berhipotesis dan yakin dengan gegabah menyimpulkannya. Dalam penjelasan kitab-kitab yang lain saya tidak menemukan penjelasan serinci keduanya, sehingga tidak menggunkan landasan selain dua kitab tersebut.


Sebagai catatan awal landasan dalam menghubungkan cerita geologinya, saya menggunakan Al Kitab dan Al Quran. Ditujukan bukan untuk menceritakan penjelasan mana yang salah atau siapa yang benar. Mana yang sesuai logika atau tidak. Ditujukan kepada hubungan geologi semata, sisanya silahkan dipahami masing-masing tanpa perlu menghina atau menjelekan benar atau salah.

Sebagai kuncinya saya akan menulis mengenai pembentukan Bumi, gerak tektonik, gunungapi, dll berdasarkan atas:
”Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau,maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS.Ali Imran [3]:190-191)
Penulisan Bumi dan pembentukannya saya bagi atas 6 masa, satu persatu untuk meyakinkan diri bahwa hal-hal tersebut bisa diuraikan atas dasar nalar geologi semata. Sedangkan kesimpulan besarnya, saya rasa pada akhirnya dikembalikan kepada masing-masing pembaca.

Mohon ditunggu tulisan dalam 7 penjelasan. Pertama disebut dengan Masa Pertama, dilanjutkan dengan Masa Kedua dan seterusnya hingga masa Keenam. Terakhir dituliskan Korelasi keseluruhan, sintesis-antitesis, serta kesimpulan menurut saya pribadi. Semua didasarkan Kitab dan Al Quran, penjelasan ilmiah yang sudah ditemukan hingga saat ini.

Bismillahirrahmanirrahim.

Komentar