Batuan Penguasa Ekonomi II

Dari tulisan sebelumnya memperlihatkan kebutuhan utama dunia dalam industri logam dan non-logam adalah agregat, baik itu berupa batuan volkanik dalam berbagai ukuran, gamping dan pasir berbagai jenis untuk semen dan batako, dan seterusnya. Posisi kedua dimiliki oleh emas dan tembaga dan bahkan lempung, yang mempengaruhi gerak ekonomi dunia. Tentunya keempat sumber tersebut berperan serta dalam pangan dan sandang dan papan yang menjadi utama gerak ekonomi makro.

Berbicara mengenai sebaran dari mineral industri yang berada di Indonesia, sebaiknya melihat dari tatanan geologinya terlebih dahulu. Jika melihat dari komoditi seperti andesit dan sejenisnya dari batuan volkanik target utama adalah pegunungan atau perbukitan. Dalam zona tatanan tektonik dikenal sebagai busur volkanik (volcanic arc), disini juga sebagai sebaran dari gemstone atau dalam bahasa ilmiah kolektor dan pedukunan disebut batu akik. Kadang ditemukan juga yang dianggap orang tidak berguna seperti sumul yang ditemukan sebelumnya, tetapi bisa dijadikan perhiasan tergantung seberapa keatifnya seseorang tersebut. Saya belum memprosesnya juga hingga saat ini, dan mungkin mbah gugel nyinyir dibelakang laptopnya!?
Mineral Silika Grup - Banten, Indonesia
Kembali pada pokok pembahasan, jika melihat kelompok seperti mineral lempung dengan pembagian golongannya. Mineral ini bisa disebut sebagai mineral yang berperan dalam industri, baik hubungannnya maupun manfaat langsung seperti kaolinit, illite, dan montmorilonite/smectite yang dikenal secara umum sebagai bentonite

Mineral lempung (rully 2015)
Sedangkan secara geologi, pembentukan dari mineral lempung khusus bentonit (smectite group). Dibagi secara umum dalam 2 kontrol utama, oleh permukaan dan oleh bawah permukaan. Kedua jenis ini mempengaruhi proses dan manfaatnya, keduanya secara ekonomis bernilai positif dan bersifat jangka panjang.

Tatanan Geologi Bentonite (rully 2015)
Masih sangat banyak produk tambang industri diseluruh dunia yang bernilai dan bermanfaat. Dengan harga yang melebihi tambang mineral, kebutuhannya  pun sangat tinggi.

Saya mengganggap bahwa jika kita, khususnya di Indonesia memanfaatkan dan memperbaiki mutu dan teknologi. Secara ekonomis tentu mampu meningkatkan kualitas kelayakan hidup suatu daerah, dan tentunya masyarakat. Hanya saja ada kekhawatiran yang sangat besar, yaitu keuntungan segelintiran pihak, korupsi, dan ketidakpedulian terhadap lingkungan nantinya. Saya mengatakan bahwa kita mampu bersaing, hanya saja kita belum mampu menjauhkan dari ketamakan.

Mari tersenyum :)

Komentar

Unknown mengatakan…
is the bast.....geo mineral......
rullysyauzie mengatakan…
Yes one of the best, tx bro