Analisa Prospek Projek Eksplorasi Emas

Butuh hitungan minggu untuk menyelesaikan laporan analisa eksplorasi, sedangkan hasil lab kadang tidak datang secepat itu. Sudah beberapa kali penyelesaian hasil lab terlambat penyelesaiannya hingga hitungan bulan, berpengaruh dalam keterlambatan penyelesaian laporan. Akan tetapi itu bukanlah persoalan utama, yang menjadi persoalan utama adalah, apakah bisa geolog menyatukan hasil beberapa analisa lab dan pengematan lapangan? Dan tentu saja apakah bisa geolog menyampaikan secara sederhana hasil analisa kepada jajaran direksi atau pengambil keputusan, Karena bagi jajaran direksi atau pengambil keputusan, hasil baik atau buruknya projek perlu diputusan bagaimana sikap yang bermanfaat bagi perusahaan.

Bagi kami, umumnya para penjelajah ilmu bumi. Tentu akan sangat berusaha agar hasil yang didapat sesuai dengan argumentasi positif, tetapi dengan upaya tidak terjebak dengan arus pengendali diperusahaan agar nilainya jika menghasilkan buruk dirubah menjadi hasil yang baik. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap kelangsungan projek dan tanggung jawab moral, secara etika profesional juga tidak layak untuk memperlakukan suatu projek untuk terus hidup sedangkan tidak layak untuk dipertahankan.

Semua itu dikembalikan dari cara pengembilan data dilapangan, mengolah data didepan meja, dan di[ertanggung jawabkan hasilnya didepan umum. Karena jika semua dilakukan hanya demi uang, maka tujuan sebenarnya tidak akan tercapai.






Yang sedang menyelesaikan laporan eksplorasi 2015..

Tulisan ke #100, alhamdulillah

Komentar