Kemenangan yang Sesungguhnya

Manusia begitu mawas diri terhadap perubahan zaman, terutama dengan adanya teknologi. Hampir tidak ada yang ditutupi kecuali informasi itu ditutup rapat oleh pemilik rahasia sebenar-Nya, namun hampir semua informasi dapat dengan mudah diakses oleh teknologi atau kita sebut teknologi informasi (internet) dan media pendukungnya. Kedigdayaan teknologi informasi pada saat ini tentu sebagian besar benar-benar memanfaatkan untuk pengetahuan umum, perkembangan diri dan usaha, serta sebagian lainnya untuk memanipulasi informasi dan menyesatkan sebagian besar tadi. Kita yang harus pandai memilih, mana yang harus diterima dan ditelaah, kemudian dikaryakan agar menjadi lebih baik.

Usaha online adalah satu wacana yang sangat berkembang dan menduduki peringkat atas dari teknologi informasi, tengok saja bagaimana online digunakan untuk usaha dalam keadaan sempit atau kondisi yang tidak menyenengkan. Contoh yang paling dekat adalah kejadian bom Sarinah di awal tahun ini, dimana pakaian pendukung polisi seorang Kompol yang menjadi trending #KamiNaksir berbuah objekan untuk pedagang dengan barang dagangannya yang serupa (kualitas) hingga barang KW. Atau efek tukang sate pak Jamal yang tetap berdagang hingga menghasilkan pembelian berlipat setelah publik mengetahuinya dari internet, padahal beliau pegang hp sekelas android saja mungkin tidak karena trending topik #KamiTidakTakut dagangannya laku hingga habis pada saat itu.

Kreatif dan Inovatif 


Meningkatnya informasi dalam sekejap hanya bisa terjadi jika ada permasalahan yang berkembang menjadi problem atau keingintahuan publik, dimana sebuah masalah merupakan informasi yang dengan segera menyebar cepat. Ketika permasalahan seperti keterlambatan penerbangan, atau kecelakaan kereta api, atau sekedar hilangnya hp seorang publik figur yang bombastis. Baik permasalahan yang berjalan dalam jangka panjang seperti sidang kasus korupsi atau sidang ustad Abu Bakar Basyir, hingga permasalahan sementara seperti penangkapan artis yang terkait prostitusi. Saya tidak berusaha mengangkat fenomena moral, karena topik ini pun bukan membahas itu.

Kembali ketopik pembahasan, dimana trending topik menjadi sangat wah yang berjalan dalam jangka pendek. Menjadi gejolak informasi sementara, dimana permasalahan sebenarnya yang sangat perlu diperhatikan adalah gejolak informasi jangka panjang. Gejolak yang semakin berkembang saat ini adalah, pangan-sandang-papan. Dimana kebutuhan pangan yang semakin menipis jika tidak ada kepedulian bersama, yaitu kepedulian setiap individu yang hidup dimuka bumi. Dimana perlunya berbagi pengetahuan informasi didalamnya agar kebutuhan ini tercukupi, dan agar tidak sekedar dimiliki oleh kelompok atau perkeluarga yang berkecukupan. Dalam hal ini saya batasi saja dipangan, dimana hal ini merupakan primer yang dibutuhkan setiap orang, dari muda hingga tua. 

Dengan ketersediaan pangan yang mencukupi atau tidak berlebihan, sudah dianggap mampu meningkatkan taraf hidup yang layak. Manusia tidak terfikirkan untuk urusan lainnya jika permasalahan pangan sudah terpenuhi. Menjadi perhatian bersama dan terutama pemerintah untuk melengkapi kebutuhan pangan ini. Jika saja seseorang hidup demi memenuhi kebutuhan pangannya perhari atau bahkan perjam, tentu hal ini akan menguras tenaga dan waktu hidupnya saja bukan? Padahal kebutuhan hidup bukan sekedar makan-minum saja. Selanjutnya perkembangan kebutuhan primer ditahap kedua yaitu sandang yang tidak akan pernah tercukupi, dimana selama perut-perut yang dibebankan kepada seorang tersebut belum terisi, bagaimana dia berfikir untuk mengganti bajunya menjadi lebih bersih dan lebih layak untuk dipakai sedangkan untuk urusan makan-minum saja beban berat. Bahkan selanjutnya untuk ketika berfikir untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak, bisa dihuni, menaungi dikala hujan, meneduhkan raga dan jiwa yang sudah tercukupi makan-minumnya dan pakaian yang bersih-wangi menjadi urusan yang tidak ada didalam alam fikirannya kecuali sekedar angan-angan.

Teknologi infomasi apa yang anda ingin gunakan? Apakah untuk pemakaian sekedarnya dimana informasi berharga seperti artis yang pakaiannya baru beli, atau tokoh elit politik yang berjalan-jalan ditengah pematang sawah dan memberi makan makan burung? Atau anda termasuk yang membangun diri, keluarga, lingkungan, bahkan masyarakat dengan mengembangkan informasi dan mengkreasikannya menjadi hal nyata dan bermanfaat? Hal ini dikembalikan kemasing-masing pribadi yang wajib bertanggung jawab atas informasi teknologi yang tengah anda baca dari detik ini hingga ke masa anda tidak eksis lagi didunia.

Persawahan Malasari_Jawa Barat 2012

Bagaimana dengan kami, rockgeo? Kami berusaha bertanggung jawab atas segala informasi dan pemikiran serta langkah-langkah kedapan. Kami tidak menatap sebuah keniscayaan untung-rugi. Tetapi cara-cara atau proses berkembang adalah tujuan kami, pengalaman dan pembelajaran merupakan hal penting dan jauh lebih menguntungkan bagi manusia yang lainnya. Dan kemenangan yang ingin dicapai merupakan target impian utama.

“...barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukan kedalam surga, maka sungguh dia memperoleh kemenangan” (QS 3: 185)

Komentar